UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran
Peta Konsep: Keterkaitan UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran
- Understanding by Design (UbD) adalah kerangka perencanaan pembelajaran yang dimulai dari tujuan akhir (backward design)
- Tahap 1: Identifikasi Hasil Pembelajaran → Diselaraskan dengan CP (Capaian Pembelajaran) & TP (Tujuan Pembelajaran)
- Tahap 2: Tentukan Bukti Keberhasilan → Terintegrasi dengan asesmen formatif, sumatif, dan diagnostik
- Tahap 3: Rancang Aktivitas Pembelajaran → Menggunakan pendekatan PBL (Project-Based Learning), pembelajaran berdiferensiasi, dan pendekatan saintifik
- Strategi Pembelajaran → Disesuaikan dengan kebutuhan siswa (diferensiasi konten, proses, dan produk)
- Asesmen → Asesmen diagnostik untuk merancang pembelajaran yang tepat sasaran, asesmen formatif untuk pemantauan, asesmen sumatif untuk evaluasi akhir
- Refleksi Guru → Refleksi perencanaan dengan meninjau ketercapaian tujuan di setiap tahap UbD
🧠Penjelasan Singkat:
-
UbD membantu guru berpikir dari hasil akhir (apa yang siswa perlu pahami dan lakukan), lalu merancang kegiatan dan asesmen yang menuju ke sana.
-
UbD tidak berdiri sendiri, tetapi terintegrasi secara fleksibel dengan strategi pembelajaran lain:
-
PBL digunakan pada Tahap 3 UbD sebagai metode aktivitas yang bermakna.
-
Diferensiasi digunakan untuk menyesuaikan pembelajaran di Tahap 3 dengan kebutuhan siswa.
-
Asesmen diagnostik penting sebelum Tahap 1 untuk mengenali kesiapan siswa.
-
Pendekatan saintifik memperkuat kegiatan pembelajaran berbasis proses ilmiah.
-

Post a Comment for "UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran"
Post a Comment