Widget HTML #1

UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran

Peta Konsep: Keterkaitan UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran

  • Understanding by Design (UbD) adalah kerangka perencanaan pembelajaran yang dimulai dari tujuan akhir (backward design)
  • Tahap 1: Identifikasi Hasil Pembelajaran → Diselaraskan dengan CP (Capaian Pembelajaran) & TP (Tujuan Pembelajaran)
  • Tahap 2: Tentukan Bukti Keberhasilan → Terintegrasi dengan asesmen formatif, sumatif, dan diagnostik
  • Tahap 3: Rancang Aktivitas Pembelajaran → Menggunakan pendekatan PBL (Project-Based Learning), pembelajaran berdiferensiasi, dan pendekatan saintifik
  • Strategi Pembelajaran → Disesuaikan dengan kebutuhan siswa (diferensiasi konten, proses, dan produk)
  • Asesmen → Asesmen diagnostik untuk merancang pembelajaran yang tepat sasaran, asesmen formatif untuk pemantauan, asesmen sumatif untuk evaluasi akhir
  • Refleksi Guru → Refleksi perencanaan dengan meninjau ketercapaian tujuan di setiap tahap UbD
Peta Konsep: Keterkaitan UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran


🧠 Penjelasan Singkat:

  • UbD membantu guru berpikir dari hasil akhir (apa yang siswa perlu pahami dan lakukan), lalu merancang kegiatan dan asesmen yang menuju ke sana.

  • UbD tidak berdiri sendiri, tetapi terintegrasi secara fleksibel dengan strategi pembelajaran lain:

    • PBL digunakan pada Tahap 3 UbD sebagai metode aktivitas yang bermakna.

    • Diferensiasi digunakan untuk menyesuaikan pembelajaran di Tahap 3 dengan kebutuhan siswa.

    • Asesmen diagnostik penting sebelum Tahap 1 untuk mengenali kesiapan siswa.

    • Pendekatan saintifik memperkuat kegiatan pembelajaran berbasis proses ilmiah.

Post a Comment for "UbD dan Strategi Perencanaan Pembelajaran"