Widget HTML #1

UbD dan Pembelajaran Berdiferensiasi

✍️ Penjelasan Naratif: Keterkaitan UbD dan Pembelajaran Berdiferensiasi

Sebagai guru Geografi, saya memahami bahwa UbD (Understanding by Design) dan pembelajaran berdiferensiasi saling melengkapi dalam merancang pembelajaran bermakna dan berpihak pada murid.


UbD membantu saya memulai perencanaan dari tujuan akhir (capaian pembelajaran), lalu menyusun asesmen, dan baru kemudian merancang kegiatan belajar. Sedangkan pembelajaran berdiferensiasi membantu saya menyesuaikan proses, konten, dan produk pembelajaran berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa.

Dalam pengalaman saya mengajar materi seperti siklus hidrologi, wilayah laut, atau cuaca dan iklim, pendekatan UbD mendorong saya merancang pembelajaran dengan pertanyaan esensial dan tujuan pembelajaran yang terukur, sementara pembelajaran berdiferensiasi membuat saya lebih peka terhadap keberagaman murid — misalnya menyediakan alternatif tugas presentasi, video dokumenter, atau laporan eksplorasi berdasarkan kekuatan masing-masing siswa. 


Peta konsep keterkaitan antara UbD dan pembelajaran berdiferensiasi

Keterkaitan Understanding by Design (UbD) dan Pembelajaran Berdiferensiasi

Understanding by Design (UbD)
  • Tahap 1: Menentukan tujuan akhir pembelajaran (CP dan TP Geografi)
  • Tahap 2: Menyusun asesmen formatif dan sumatif
  • Tahap 3: Merancang aktivitas pembelajaran yang bermakna
Pembelajaran Berdiferensiasi
  • Menyesuaikan pembelajaran dengan kesiapan belajar siswa
  • Menyesuaikan dengan minat siswa terhadap topik tertentu
  • Menyesuaikan dengan profil belajar siswa (visual, auditorial, kinestetik)
Keterkaitan UbD dan Pembelajaran Berdiferensiasi
  • UbD memberi arah dan struktur tujuan pembelajaran
  • Diferensiasi memastikan kebutuhan belajar semua murid terpenuhi
  • Keduanya saling mendukung untuk pembelajaran yang efektif dan inklusif
Contoh Aplikasi dalam Pembelajaran Geografi
  • UbD: Tujuan CP “Menganalisis Siklus Hidrologi” → asesmen proyek
  • Diferensiasi: Siswa memilih bentuk produk seperti poster, video, atau laporan

Post a Comment for "UbD dan Pembelajaran Berdiferensiasi"