Widget HTML #1

Ringkasan Materi Penting Dari Modul 1: Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus yang sering diujikan dalam UKPPG

📚 Ringkasan Materi UKPPG – Modul 1: ABK & Pendidikan Inklusif

No Materi Penjelasan
1Keragaman Peserta DidikPerbedaan dalam gaya belajar, latar belakang, kemampuan, dan kebutuhan.
2Jenis KeragamanVisual, auditori, kinestetik; kecerdasan majemuk; kebutuhan khusus.
3Kebutuhan Khusus PermanenDisabilitas fisik, intelektual, sensorik, dan anak berbakat istimewa.
4Kebutuhan Khusus TemporerContoh: anak trauma, korban bullying, sakit, dll.
5Akomodasi yang LayakFleksibilitas waktu, materi, media, dan evaluasi sesuai Permendikbudristek No. 48/2023.

📝 Catatan Penting untuk UKPPG:

  • SJT (Situational Judgement Test) menilai sikap guru terhadap ABK & keragaman.
  • Fokus pada empati, fleksibilitas, kolaborasi.
  • Pahami regulasi: Permendikbudristek No. 48/2023 dan PP No. 13/2020.

✅ LATIHAN SOAL UKPPG – MODUL 1

🔹 A. Pilihan Ganda (Pengetahuan Konseptual)

  1. Yang dimaksud dengan akomodasi yang layak dalam pembelajaran adalah...
    1. Memberikan perlakuan khusus yang sama untuk semua peserta didik
    2. Memberi ruang khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus
    3. Penyesuaian pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik ✅
    4. Menyediakan guru khusus bagi setiap peserta didik
  2. Berikut ini merupakan jenis kebutuhan khusus permanen, KECUALI:
    1. Disabilitas fisik
    2. Disabilitas mental
    3. Kebutuhan emosional akibat bullying ✅ (karena bersifat temporer)
    4. Disabilitas sensorik
  3. Seorang siswa sangat senang belajar melalui musik dan lagu. Ia mudah menghafal dengan ritme. Maka strategi belajar yang tepat adalah...
    1. Memberikan tugas membaca teks panjang
    2. Mengajarkan melalui presentasi PowerPoint
    3. Menggunakan nyanyian dan irama dalam pembelajaran ✅
    4. Memberikan diskusi kelompok
  4. Dalam pendidikan inklusif, prinsip utama yang harus dijunjung guru adalah...
    1. Mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan
    2. Menyediakan program khusus bagi anak normal
    3. Memberikan kesempatan belajar yang sama bagi semua siswa ✅
    4. Menyesuaikan kurikulum hanya untuk anak disabilitas
  5. Berikut ini adalah unsur utama dalam Universal Design for Learning (UDL), KECUALI:
    1. Menyediakan satu metode tunggal pengajaran ✅
    2. Memberikan banyak cara untuk menampilkan informasi
    3. Mendorong keterlibatan aktif semua peserta didik
    4. Menyediakan cara berbeda untuk menunjukkan hasil belajar

🔹 B. Situational Judgement Test (SJT)

  1. Anda mengajar di kelas yang memiliki seorang siswa dengan hambatan motorik yang menggunakan kursi roda. Ia sering terlambat masuk karena susah mengakses ruang kelas. Apa tindakan Anda sebagai guru?
    1. Membiarkannya karena ia tetap datang walau terlambat
    2. Menegur dan menyuruhnya datang lebih awal
    3. Berdiskusi dengan pihak sekolah agar akses ke kelas diperbaiki ✅
    4. Memindahkan anak ke sekolah khusus
  2. Di kelas, Anda menemukan satu anak yang belum bisa membaca padahal sudah kelas 3 SD. Saat penilaian, Anda...
    1. Memberi soal pilihan ganda yang sama seperti siswa lain
    2. Menggunakan tes lisan untuk mengukur pemahamannya ✅
    3. Memberinya nilai rendah karena tidak bisa membaca
    4. Membiarkannya tanpa penilaian
  3. Ada peserta didik yang sering menyendiri, tampak tidak fokus, dan menunjukkan tanda kecemasan. Apa langkah awal yang bijak dilakukan?
    1. Menasehatinya di depan teman-temannya
    2. Mengabaikannya agar tidak merasa dikucilkan
    3. Mendekatinya dan berkonsultasi dengan BK atau ahli terkait ✅
    4. Memberinya banyak tugas agar tetap sibuk
  4. Anda memiliki 2 anak berkebutuhan khusus dalam satu kelas. Anda merasa kesulitan memenuhi kebutuhan mereka. Apa tindakan terbaik?
    1. Meminta mereka pindah sekolah
    2. Berkonsultasi dan bekerja sama dengan guru pendamping atau ahli ✅
    3. Memberikan tugas tambahan agar mereka sibuk sendiri
    4. Meminta orang tua turun langsung mengajar
  5. Sekolah Anda sedang menyusun kebijakan inklusif. Sebagai guru, peran Anda yang paling tepat adalah...
    1. Menyerahkan semua pada kepala sekolah
    2. Menolak karena merasa tidak siap
    3. Ikut terlibat aktif dalam perencanaan kebijakan ✅
    4. Mengusulkan pemisahan kelas khusus

💡 Catatan: Soal ini hanya contoh latihan.

Post a Comment for "Ringkasan Materi Penting Dari Modul 1: Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus yang sering diujikan dalam UKPPG"