Widget HTML #1

Rangkuman Materi Penting – Pembelajaran Mendalam (PM) - Modul: Paparan V2 – Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua

 

Rangkuman Materi Penting – Pembelajaran Mendalam (PM)

Modul: Paparan V2 – Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua


1️⃣ Mengapa Perlu Pembelajaran Mendalam?

  • Rendahnya hasil PISA 2022 → mayoritas siswa hanya mampu menyelesaikan soal tingkat LOTS (Level 1–3).

  • Masa depan tidak pasti → butuh pembelajar tangguh, reflektif, dan kolaboratif.

  • Bonus demografi 2035 dan visi Indonesia Emas 2045 → menuntut keterampilan berpikir tinggi (HOTS).


2️⃣ Definisi Pembelajaran Mendalam (PM)

PM adalah pendekatan pembelajaran yang memuliakan dengan menekankan proses belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan, melalui integrasi olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik dan terpadu.

3️⃣ Tiga Prinsip Utama Pembelajaran Mendalam (PM)

Prinsip Penjelasan Contoh Implementasi
Berkesadaran Siswa belajar dengan kesadaran penuh, refleksi diri, dan fokus pada tujuan pembelajaran. Guru memulai pelajaran dengan pertanyaan reflektif, lalu siswa membuat jurnal pemahaman.
Bermakna Pembelajaran relevan dengan kehidupan nyata, terhubung dengan konteks lokal & pengalaman siswa. Siswa membuat proyek mitigasi banjir berdasarkan wilayah tempat tinggalnya.
Menggembirakan Pembelajaran menyenangkan, membangkitkan rasa ingin tahu, dan aman secara emosional. Kegiatan belajar menggunakan simulasi, permainan edukatif, atau presentasi kreatif kelompok.

4️⃣ Empat Pilar PM: Kerangka Pembelajaran

PilarPenjelasan Singkat
Profil Lulusan8 dimensi: Iman-Takwa, Kewargaan, Kritis, Kreatif, Kolaboratif, Kesehatan, Kemandirian, Komunikasi
Prinsip PMBerkesadaran, Bermakna, Menggembirakan
Pengalaman BelajarMemahami → Mengaplikasi → Merefleksi
Kerangka PembelajaranPraktik pedagogis, kemitraan, lingkungan belajar, teknologi digital

5️⃣ Tiga Tahapan Pengalaman Belajar

TahapPenjelasan
MemahamiKonstruksi pengetahuan esensial, aplikatif, dan nilai/karakter.
MengaplikasiMenerapkan konsep dalam konteks nyata, interdisipliner dan eksploratif.
MerefleksiEvaluasi proses dan hasil belajar, regulasi diri, dan membangun insight pribadi.

6️⃣ Empat Komponen Kerangka Pembelajaran

KomponenDeskripsi
Praktik PedagogisProyek, inkuiri, STEM, kolaboratif, dan diferensiasi pembelajaran
KemitraanKolaborasi dengan guru lain, orang tua, masyarakat, DUDI
Lingkungan BelajarFleksibel, aman, inklusif secara fisik dan virtual
Pemanfaatan DigitalVideo, LMS, kuis digital, AI, dan asesmen daring

7️⃣ Asesmen dalam Pembelajaran Mendalam

Jenis AsesmenTujuanContoh
Assessment as LearningRefleksi diri dan regulasi siswaJurnal belajar, penilaian diri
Assessment for LearningUmpan balik selama prosesPertanyaan diagnostik, observasi
Assessment of LearningEvaluasi hasil akhirProyek, portofolio, tes akhir

8️⃣ Transformasi Peran Guru dalam PM

Peran GuruFungsi Utama
AktivatorMemotivasi, memfasilitasi, mendorong berpikir tinggi
KolaboratorBerinteraksi dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan
Pengembang Budaya BelajarMembentuk budaya belajar yang reflektif, eksploratif, dan aman

9️⃣ Contoh Penerapan PM per Mapel

Mata PelajaranStrategi Penerapan PM
BahasaInkuiri sosial melalui teks reflektif atau naratif
IPAProyek energi terbarukan, eksperimen kontekstual
IPSBandingkan pasar modern vs tradisional secara ekonomi dan sosial
MatematikaProblem solving dari kehidupan nyata (gizi, keuangan)
AgamaStudi nilai moral melalui kasus nyata kehidupan remaja

🔟 Catatan Penting untuk UKPPG

Poin KunciPenjelasan
Prinsip PMPahami mindful, meaningful, joyful serta praktik penerapannya
Profil Pelajar PancasilaKenali 6 dimensi dan bagaimana integrasinya dalam pembelajaran
Asesmen OtentikGunakan asesmen proses, produk, dan refleksi berbasis proyek
Wawancara & PraktikLatihan menjelaskan PM dan mendesain pembelajaran kontekstual

Post a Comment for "Rangkuman Materi Penting – Pembelajaran Mendalam (PM) - Modul: Paparan V2 – Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua"