Rangkuman Materi Penting – Pembelajaran Mendalam (PM)
Modul: Paparan V2 – Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua
1️⃣ Mengapa Perlu Pembelajaran Mendalam?
-
Rendahnya hasil PISA 2022 → mayoritas siswa hanya mampu menyelesaikan soal tingkat LOTS (Level 1–3).
-
Masa depan tidak pasti → butuh pembelajar tangguh, reflektif, dan kolaboratif.
-
Bonus demografi 2035 dan visi Indonesia Emas 2045 → menuntut keterampilan berpikir tinggi (HOTS).
2️⃣ Definisi Pembelajaran Mendalam (PM)
PM adalah pendekatan pembelajaran yang memuliakan dengan menekankan proses belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan, melalui integrasi olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik dan terpadu.
3️⃣ Tiga Prinsip Utama Pembelajaran Mendalam (PM)
Prinsip |
Penjelasan |
Contoh Implementasi |
Berkesadaran |
Siswa belajar dengan kesadaran penuh, refleksi diri, dan fokus pada tujuan pembelajaran. |
Guru memulai pelajaran dengan pertanyaan reflektif, lalu siswa membuat jurnal pemahaman. |
Bermakna |
Pembelajaran relevan dengan kehidupan nyata, terhubung dengan konteks lokal & pengalaman siswa. |
Siswa membuat proyek mitigasi banjir berdasarkan wilayah tempat tinggalnya. |
Menggembirakan |
Pembelajaran menyenangkan, membangkitkan rasa ingin tahu, dan aman secara emosional. |
Kegiatan belajar menggunakan simulasi, permainan edukatif, atau presentasi kreatif kelompok. |
4️⃣ Empat Pilar PM: Kerangka Pembelajaran
Pilar | Penjelasan Singkat |
Profil Lulusan | 8 dimensi: Iman-Takwa, Kewargaan, Kritis, Kreatif, Kolaboratif, Kesehatan, Kemandirian, Komunikasi |
Prinsip PM | Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan |
Pengalaman Belajar | Memahami → Mengaplikasi → Merefleksi |
Kerangka Pembelajaran | Praktik pedagogis, kemitraan, lingkungan belajar, teknologi digital |
5️⃣ Tiga Tahapan Pengalaman Belajar
Tahap | Penjelasan |
Memahami | Konstruksi pengetahuan esensial, aplikatif, dan nilai/karakter. |
Mengaplikasi | Menerapkan konsep dalam konteks nyata, interdisipliner dan eksploratif. |
Merefleksi | Evaluasi proses dan hasil belajar, regulasi diri, dan membangun insight pribadi. |
6️⃣ Empat Komponen Kerangka Pembelajaran
Komponen | Deskripsi |
Praktik Pedagogis | Proyek, inkuiri, STEM, kolaboratif, dan diferensiasi pembelajaran |
Kemitraan | Kolaborasi dengan guru lain, orang tua, masyarakat, DUDI |
Lingkungan Belajar | Fleksibel, aman, inklusif secara fisik dan virtual |
Pemanfaatan Digital | Video, LMS, kuis digital, AI, dan asesmen daring |
7️⃣ Asesmen dalam Pembelajaran Mendalam
Jenis Asesmen | Tujuan | Contoh |
Assessment as Learning | Refleksi diri dan regulasi siswa | Jurnal belajar, penilaian diri |
Assessment for Learning | Umpan balik selama proses | Pertanyaan diagnostik, observasi |
Assessment of Learning | Evaluasi hasil akhir | Proyek, portofolio, tes akhir |
8️⃣ Transformasi Peran Guru dalam PM
Peran Guru | Fungsi Utama |
Aktivator | Memotivasi, memfasilitasi, mendorong berpikir tinggi |
Kolaborator | Berinteraksi dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan |
Pengembang Budaya Belajar | Membentuk budaya belajar yang reflektif, eksploratif, dan aman |
9️⃣ Contoh Penerapan PM per Mapel
Mata Pelajaran | Strategi Penerapan PM |
Bahasa | Inkuiri sosial melalui teks reflektif atau naratif |
IPA | Proyek energi terbarukan, eksperimen kontekstual |
IPS | Bandingkan pasar modern vs tradisional secara ekonomi dan sosial |
Matematika | Problem solving dari kehidupan nyata (gizi, keuangan) |
Agama | Studi nilai moral melalui kasus nyata kehidupan remaja |
🔟 Catatan Penting untuk UKPPG
Poin Kunci | Penjelasan |
Prinsip PM | Pahami mindful, meaningful, joyful serta praktik penerapannya |
Profil Pelajar Pancasila | Kenali 6 dimensi dan bagaimana integrasinya dalam pembelajaran |
Asesmen Otentik | Gunakan asesmen proses, produk, dan refleksi berbasis proyek |
Wawancara & Praktik | Latihan menjelaskan PM dan mendesain pembelajaran kontekstual |
Post a Comment for "Rangkuman Materi Penting – Pembelajaran Mendalam (PM) - Modul: Paparan V2 – Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua"
Post a Comment