Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang

Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang

Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang

1. Bidang Ekonomi

Karena Indonesia letaknya strategis dan menjadi kemudian lintas perniagaan dunia sampai-sampai hal ini menjadi keuntungan untuk Indonesia dalam bidang ekonomi. Dimana pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia sangatlah penting, sebab sumber daya alamnya paling melimpah laksana dalam bidang pertanian yang bisa menghasilkan sekian banyak  jenis bahan pangan laksana beras, sayur-sayuran, buah-buahan dan budidaya tumbuhan jenis langka yang bisa dimanfaatkan dalam pekerjaan ekspor impor.

Potensi Indonesia dalam bidang pertanian ini sebab letak negara Indonesia yang berada di distrik subur dan mempunyai iklim tropis sampai-sampai sangat menyokong dalam sektor pertanian laksana dapat menambah kesuburan tanah, potensi berikut yang menjadikan Indonesia mendapat julukan sebagai “kolam susu”, dimana pada masing-masing jenis tumbuhan yang tumbuh di Indonesia mayoritas tumbuh dengan subur dan menghasilkan uang.

Dalam bidang perhutanan Indonesia mempunyai wilayah yang luas dalam urusan perhutanan. Hutan di Indonesia sangatlah luas dan pun adalahhutan tropis terbesar ketiga di dunia sesudah Brazil dan Zaire. Fungsi hutan ini tidak lain ialah sebagai paru-paru dunia dan pun untuk mengontrol iklim global. Salah satu yang bisa dimanfaatkan dari hutan tersebut ialah kayunya, pemungutan kayu itu dengan memakai sistem tebang pilih dengan teknik menjaga kelestarian hutan, dimana urusan ini bisa dijadikan negara untuk meningkatkan devisa negara dengan mengekspor hasil hutan tersebut.

Dalam bidang kelautan Indonesia dinamakan sebagai negara Maritim dengan mempunyai laut yang lumayan luas dengan keanekaragaman hayati di laut yang cukup tidak sedikit sehingga bisa memanfaatkan hasil laut laksana ikan guna di ekspor terbit negeri. Di samping hasil laut, laut di Indonesia pun berpotensi guna dijadikan sebagai wisata bahari. Perlu diketahui bahwa hasil laut Indonesia ini digemari oleh sejumlah negara dunia, sampai-sampai hal ini pastinya akan menambah ekonomi negara.

2. Bidang Transportasi

Indonesia yang adalahlalu lintas perniagaan internasional pastinya menerima akibat dari penambahan transportasi canggih dari negara maju. Dalam urusan ini transportasi laut dan udara adalah pilar utama dalam perniagaan dunia, maka dari tersebut Indonesia dapat mengerjakan transaksi pembelian perangkat transportasi untuk kebutuhan negaranya dan pun keperluan dalam perniagaan internasional laksana dalam halnya pembelian kapal, pesawat dan lain-lain.

Selain tersebut juga mesti menambah transportasi domestik untuk memaksimalkan ekspedisi barang atau hasil pertanian dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Tidak melulu untuk menambah perdagangan saja, bakal tetapi pun meningkatkan transportasi mengarah ke tempat wisata di Indonesia.

3. Bidang Komunikasi

Dalam bidang komunikasi Indonesia mempunyai keuntungan lewat semua pedagang asing yang masuk. Dimana penduduk Indonesia mayoritas memang dituntut guna dapat berkata bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang sangat urgen dalam sekian banyak  hal.

Tentunya dengan adanya saudagar asing yang masuk yang barangkali menawarkan kerjasama dalam sebuah bidang yang menguntungkan setiap pihak, urusan ini butuh dimanfaatkan sebab dapat memunculkan adanya hubungan internasional yang baik serta dapat meningkatkan relasi kerja dengan negara dunia yang lainnya. Selain tersebut Indonesia pun akan mendapat mengalaman guna berbahasa asing lainnya laksana belajar bahasa Jepang, Jerman, Perancis dan beda sebagainya.

4. Bidang Sosial Budaya

Indonesia yang mempunyai keanekaragaman adat dan kebiasaan inilah yang bisa dimanfaatkan guna menunjukkan untuk dunia bahwa Indonesia ini mempunyai keistemewaan tersendiri. Akan tetapi kebiasaan yang masuk ke Indonesia ketika ini sudah tidak sedikit terutama kebiasaan Barat, kebiasaan yang masuk ke Indonesia bakal dipelajari terlebih dahulu lalu lantas digabungkan dengan kebiasaan masyarakat sekitar sampai-sampai tercipta akulturasi antara kebiasaan lokal dengan kebiasaan asing.

Hal berikut yang menjadi keistimewaan dari kebiasaan Indonesia yang bisa menerima dan mengembangkan kebiasaan asing menjadi lebih baik. Dengan demikian penyebaran kebiasaan di Indonesia menjadi mudah dilaksanakan dan pastinya dengan tetap menjadi nilai kebiasaan lokal tanpa menguranginya.

5. Bidang Pariwisata

Keindahan alam Indonesia dari Sabang hingga Merauke tidak butuh diragukan lagi. Sebab di masing-masing wilayah di Indonesia ini mempunyai keindahan dan keistimewaan yang tidak terdapat di negara lain. Maka dari tersebut Indonesia bisa memanfaatkan keindahan alam itu untuk lebih di simaklah di eksplor untuk unik wisatawan luar negeri yang berangjangsana ke negara ini. Salah satunya ialah dengan menetapkan sejumlah tempat destinasi wisata utama di Indonesia yang estetis dan harganya terjangkau, di antara yang telah terkenal sampai saat ini ialah wisata di Bali yang mempunyai sejuta keindahan alam tersendiri.

Indonesia pun dapat memanfaatkan lautnya yang pun mempunyai keindahan yang tak terduga sebab laut Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati dan ekosistem air laut yang masih terjaga sampai saat ini. Seperti laut Selatan Jawa yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk snorkeling atau sebatas untuk merasakan sunset maupun keindahan pantainya.
ipung.net
ipung.net Seorang blogger yang hobi jalan-jalan dan baca buku. "Sesederhana Dalam Bermakna"

Post a Comment for "Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang"