Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Geografi Menurut Para Ahlinya | geografi.web.id

Geografi.web.id - Geografi merupakan salah satu ilmu yang dipelajari diberbagai jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi. Geografi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga banyak orang mempejarinya.

Apa pengertian Geografi?

Geografi adalah suatu ilmu yang berfokus untuk mempelajari permukaan bumi yang didalamnya terdapat persamaan dan perbedaan variasi fenomena fisik dan manusia.

Geografi berasal dari perpaduan dua suku kata, yakni kata “geo” yang memiliki arti sebagai bumi dan “graphein” sebagai tulisan atau deskripsi.

Seseorang yang mempelajari atau menekuni ilmu Geografi disebut dengan Geograf atau Geografer.

Geografi Menurut Para Ahli

Banyak para ahli mendefinisikan Geografi menurut pandangannya masing-masing. Adapun tafsiran terkait pengertian Geografi sebagai berikut.

Erastothenes (Abad ke-1)
Geografi adalah penulisan atau gambaran terkait permukaan bumi. Geografi berasal dari kata geographica.

Claudius Ptolomaeus
Geografi merupakan suatu penyajian dengan pemetaan dari sebagian dan seluruh permukaan bumi

Ullman (1954)
Geografi merupakan suatu interaksi yang terjadi antar ruang

Strabo (1970)
Geografi memiliki erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan memilki hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini disebut dengan konsep “Natural Attribute of Place”.


Demikianlah pengertian Geografi yang diperoleh dari hasil para pendapat para ahli. Semoga bisa menjadi referensi untuk memahami dasar ilmu Geografi secara menyeluruh dan mendetail.
Pengertian Geografi menurut para ahli akan terus diupdate. Baca terus geografi.web.id untuk informasi terbarunya. Selamat belajar. Salah geografi Satu Bumi.

geografi
geografi media pembelajaran geografi berbasis online