Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Letak, Luas, dan Batas Wilayah Indonesia

Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia

A. Letak Indonesia

Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Wilayah Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kondisi ini membuat Indonesia sering dijuluki sebagai negara kepualauan. Selain itu, wilayah Indonesia yang sebagian besar berupa perairan yakni lautan maka sering pula disebut sebagai negara Kemaritiman.

Letak yang menunjukkan suatu posisi dapat ditentukan berdasarkan astronomis dan geografis serta letak geologis. 

1. Letak Astronomis

Letak Astronomis adalah letak suatu wilaya berdasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari permukaan bumi secara horizontal, sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. 

Konferensi Meridian Internasional (1884) menetapkan posisi nol derajat yang menjadi garis dasar pembagi Bujur Barat dan Bujur timur jatuh di Kota Greenwich, Inggris. Titik nol derajat yang berada di kota Greenwich inilah yang disebut dengan garis meridian utama universal (titik nol bujur) atau biasa disebut dengan istilah garis meridian. Selanjutnya, garis meridian (nol derajat bujur) ini ditetapkan sebagai titik awal perhitungan waktu internasional yang biasa kita kenal dengan istilah Greenwich Mean Time (GMT).

Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di 6 LU-11 LS dan 95 BT - 141 BT.

Baca Juga: Pengaruh Letak Astronomis Indonesia dan Keuntungannya

2. Letak Geografis

Letak Geografis Indonesia berada diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta terletak diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak yang demikian itu menjadikan wilayah Indonesia berada di posisi silang strategis. Hal ini membuat Indonesia memiliki banyak pengaruh seperti politik, perdagangan, budaya hingga militer dan lain-lain. 

Letak Indonesia yang berada di jalur posisi silang ini sangat menguntungkan apabila dapat mengelolanya dengan baik serta tetap berdaulat, kuat dan mandiri. Namun akan menjadi bahaya apabila kita tidak bersatu dan terpecah belah karena akan dengan mudah mendapat pengaruh dari negara-negara tetangga.

Selain kedua letak tersebut, terdapat penjabaran letak Indonesia berdasarkan geologisnya. Kondisi ini penting untuk diketahui mengingat bahwa Indonesia sering mengalami kejadian bencana alam. Pengetahuan yang baik tentang letak geologis akan menambah kesiapsiagaan kita yang tinggal di Indonesia dalam mengantisipasi potensi bencana alam.

Baca Juga: Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang

3. Letak Geologis

Letak Geologis adaah letak suatu wilayah yang ditinjau dari lingkungan geologi wilayah sekitarnya. Secara geologis wilayah Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng besar  yaitu, lempeng Eurasia, lempeng Indo-Autralia dan lempeng Pasifi.

Lempeng Indo-Australia bergeser ke arah utara dan timur. Lempeng Pasifik bergeser ke arah Barat dan Barat Daya. 

Adanya pertemuan lempeng dunia ini, Indonesia menjadi jalur pegunungan dunia, yakni Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Jalur Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur. Kondisi ini menjadikan Indonesia memiliki banyak gunung aktif dan rawan terjadi gempa bumi.

B. Luas Wilayah Indonesia

Luas daratan Indonesia adalah 1 922.570 km2 dan luas perairannya 3.257.483 km

Baca Selengkapnya: Luas Wilayah Indonesia

C. Batas Wilayah Indonesia

Berdasarkan Konvensi Hukum Laut International di Jamaika ditetapkan batas teritorial wilayah Indonesia, meliputi perairan nusantara, laut teritorial, batas landas kontinen, batas zona ekenomi eksklusif.

Baca Selengkapnya: Batas Teritorial Indonesia

Secara fisik, batas wilayah Indonesia terdiri atas batas laut dan batas darat.

Baca Selengkapnya: Batas Wilayah Indonesia


Cari Tahu

  1. Apa untung dan ruginya Indonesia terletak di daerah tropis?
  2. Bangsa Indonesia termasuk dalam negara berkembang. Apakah hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari posisi silang Indonesia? Jelaskan!
  3. Indonesia terletak di kawasan ring of fire, sehingga rawan terjadi gempa bumi dan gunung meletus. Apa yang anda lakukan saat terjadi gempa ketika berada di dalam rumah?

geografi
geografi media pembelajaran geografi berbasis online

2 comments for "Letak, Luas, dan Batas Wilayah Indonesia"

  1. 1.untungnya adalah suhu relatif hangat,memiliki curah hujan yg tinggi yg berguna untuk bercocok tanam,tidak memiliki musim dingin,tanah yg subur
    Ruginya adalah rawan bencana alam seperti: banjir dan tanah longsor

    2.Tidak berpengaruh,justru posisi silang ini menguntungkan untuk indonesia karena letaknya yang strategis untuk jalur perdagangan internasional dan memiliki potensi yang baik dalam pertanian,pariwisata dll.
    3.Tidak panik,lalu berlindung dibawah benda yang tahan dengan benturan,lalu keluar rumah dan menuju ke tempat yang lapang

    ReplyDelete