Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL
Sebagai bagian dari refleksi dan peningkatan kualitas pembelajaran, saya telah melakukan telaah terhadap salah satu modul ajar Geografi SMA kelas X yang saya gunakan selama ini, dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL).
Dalam proses telaah ini, saya mengkaji komponen utama pembelajaran mulai dari tujuan pembelajaran, asesmen awal, asesmen formatif dan sumatif, hingga kesesuaian kegiatan belajar dengan hasil pemetaan kemampuan siswa.
Saya memilih untuk mempublikasikan hasil telaah ini di blog pribadi yang saya kelola sebagai media refleksi dan berbagi praktik baik. Dalam blog tersebut, saya menuliskan hasil analisis saya terhadap pembelajaran diferensiatif berbasis TaRL, lengkap dengan tabel telaah (Tabel 3.1) dan contoh strategi yang saya terapkan dalam mata pelajaran Geografi, khususnya pada materi atmosfer dan iklim.
Setelah dipublikasikan, saya mengajak beberapa rekan guru sejawat untuk membaca dan memberikan komentar melalui kolom komentar di blog. Beberapa guru memberikan masukan positif, terutama mengenai bagaimana asesmen awal benar-benar membantu memahami kebutuhan belajar siswa. Ada juga saran agar saya mencoba menggunakan rubrik terbuka dalam asesmen sumatif berbasis proyek.
Kegiatan ini sangat bermakna karena saya mendapatkan umpan balik nyata dari rekan sejawat untuk terus meningkatkan pembelajaran yang lebih berpihak pada peserta didik. Selain itu, proses ini juga membuat saya lebih sadar bahwa pendekatan TaRL dapat diterapkan secara fleksibel dalam kurikulum Merdeka, khususnya untuk mata pelajaran Geografi.
Post a Comment for "Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL"
Post a Comment