Widget HTML #1

Rangkuman Contoh Merumuskan Tujuan Pembelajaran - Modul 1 - UbD

Setelah Ibu dan Bapak Guru memahami Capaian Pembelajaran (CP), sekarang mari kita belajar merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), dengan mempraktikkannya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Fase D.

Terdapat tiga alternatif dalam merumuskan TP:

  1. Langsung berdasarkan CP.

  2. Dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi dalam CP.

  3. Merumuskan TP lintas elemen dalam CP.

Pada video ini, kita akan menggunakan alternatif kedua, yaitu merumuskan TP dengan menganalisis kompetensi dan lingkup materi. Perlu diingat, perumusan TP merupakan kewenangan guru, sehingga boleh disesuaikan dengan kondisi masing-masing satuan pendidikan.


Langkah-langkah Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Ada tiga tahap utama:

  1. Mengidentifikasi kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi.

  2. Mengelompokkan hasil identifikasi tersebut.

  3. Merumuskan tujuan pembelajaran secara operasional.


Tahap 1: Identifikasi Kata Kunci

Pada tahap ini, Ibu dan Bapak Guru mencari kata kunci pada setiap kalimat CP. Fokus pada dua hal: kompetensi dan lingkup materi.

Contoh (elemen: Pancasila):

  • Kalimat: “Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila”
    → Kompetensi: menganalisis,
    → Lingkup materi: kronologis lahirnya Pancasila.

  • Kalimat: “Mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila”
    → Kompetensi: mengkaji,
    → Lingkup materi: fungsi dan kedudukan Pancasila.

  • Kalimat: “Mengenal Pancasila sebagai ideologi negara”
    → Kompetensi: mengenal,
    → Lingkup materi: ideologi negara.

Lakukan proses ini untuk semua elemen dalam CP.


Tahap 2: Pengelompokan Hasil Identifikasi

Setelah semua kalimat CP dianalisis, kelompokkan hasilnya dalam tabel agar mempermudah proses perumusan TP. Tabel ini akan membantu dalam menyusun TP secara sistematis.


Tahap 3: Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Pada tahap akhir ini, fokuslah pada merumuskan TP secara konkret dan operasional, berdasarkan hasil identifikasi sebelumnya.

Contoh:

  • CP: “Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila”
    → Rumusan awal TP: “Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila”.
    Namun, guru disarankan untuk membuat rumusan TP ini lebih spesifik, dengan menguraikan tahapan berpikir yang harus dilalui peserta didik.

Contoh penguraian:

Sebelum peserta didik dapat menganalisis, mereka perlu:

  • Mengidentifikasi proses perumusan Pancasila melalui sidang BPUPKI.

  • Memahami kesepakatan dalam Piagam Jakarta.

  • Memahami penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

Maka, rumusan TP bisa menjadi:

“Peserta didik dapat mengidentifikasi proses perumusan Pancasila melalui sidang BPUPKI hingga penetapannya sebagai dasar negara.”


Rumusan TP Lintas Elemen

Selain TP dalam satu elemen, guru juga bisa merumuskan TP yang mencakup lintas elemen, misalnya antara elemen Pancasila dan NKRI.

Contoh:

“Peserta didik memahami implementasi nilai-nilai Pancasila dalam perwujudan demokrasi dari masa ke masa.”

Perbedaan antara dua pendekatan ini:

  • Rumusan 1: Fokus pada satu elemen (contoh: Pancasila).

  • Rumusan 2: Fokus lintas elemen (contoh: Pancasila dan NKRI).


Langkah Selanjutnya: Menyusun ATP

Setelah TP dirumuskan, langkah berikutnya adalah menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai alur berpikir yang telah dibuat. Jangan lupa berdiskusi dengan rekan sejawat dalam fase yang sama untuk penyusunan ATP yang lebih komprehensif.

Post a Comment for "Rangkuman Contoh Merumuskan Tujuan Pembelajaran - Modul 1 - UbD"