Widget HTML #1

Kumpulan Materi PJJ Pelajaran Geografi SMA Kelas XI

Kumpulan Materi PJJ Pelajaran Geografi SMA Kelas XI

Kumpulan Materi PJJ Pelajaran Geografi SMA Kelas X - Materi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dimasa pandemi ini khusus disajikan untuk menunjang kegiatan belajar dari rumah (BDR) yang digalakkan oleh pemerintah. 

Geografi merupakan salah satu pelajaran penting yang diajarkan di SMA kelas X, XI, XII untuk jurusan IPS dan bahkan untuk jurusan MIPA juga ada sebagai pelajaran tambahan alias peminatan. Materi yang dipelajari pada pelajaran Geografi Kelas XI untuk pembelajaran jarak jauh lebih dipadatkan dan disesuaikan dengan kondisi  karena dilaksanakan secara daring atau kelas online. Hal ini bila dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran tatap muka terdapat sedikit perbedaannya. 

Apa saja materi pelajaran Geografi SMA kelas XI selama pembelajaran jarak jauh? yuk simak rinciannya berikut ini.

Materi PJJ Geografi SMA Kelas XI

Adapun materi pembelajaran Geografi SMA Kelas X untuk pembelajaran jarak jauh disesuaikan dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Anda dapat mengunduh file Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Materi Geografi PJJ SMA Kelas XI di sini

Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Geografi Kelas XI

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu:
  1. Kompetensi sikap spiritual,
  2. Sikap sosial,
  3. Pengetahuan, dan
  4. Keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

Post a Comment for " Kumpulan Materi PJJ Pelajaran Geografi SMA Kelas XI "